Profil UPK Ciruas

UPK Ciruas berdiri pada tanggal 2 Agustus 2009 Melalui MAD III Program PNPM Mandiri Perdesaan dengan jumlah 3 orang pengurus yaitu :

  1. SUBHANUDDIN, SE : Ketua
  2. JAHIDIN : Sekretaris
  3. DEWI ASIH FARISANTI : Bendahara

Sealain Pengurus diatas Kecamatan Ciruas juga di dampingi Oleh Pelaku lainya :
  1. ABDULLAH, S.Sos, M.Si ( Camat Ciruas)
  2. KUSYAMAN, S.Pd, M.Pd ( PJOK)
  3. DIANLESARI,S.Pd. (Fasilitator Kecamatan )
  4. ROY MARTINUS, ST ( Fasilitator Tehnik )
  5. H. SYAHRONI ( Ketua BKAD )
  6. ADE FASIAL, SE ( Sekertais BKAD )
  7. DARIS SUANTANA ( Ketua BP UPK )
  8. NURHASIM ( Sekertaris BP UPK )
  9. H. SUANDA, SE ( Bendahara BP UPK )
  10. AKBAR ( Pendamping Lokal )

Kantor UPK Saat ini masih numpang di Kantor Kecamatan Ciruas tepatnya di Jalan Raya Jakarata -Serang Km. 09 Desa Citerep.

Kecamatan Ciruas merupakan salah satu kecamatan yang ada diwilayah Kabupaten Serang Provinsi Banten dengan jumlah desanya mencapai 16 desa, Meliputi :
  1. Desa Citerep
  2. Desa Ciruas
  3. Desa Ranjeng
  4. Desa Singamerta
  5. Desa Pulo
  6. Desa Ciruas
  7. Desa Kadikaran
  8. Desa Kepandean
  9. Desa Gosara
  10. Desa Kebonratu
  11. Desa Tirem
  12. Desa Bumijaya
  13. Desa Pamong
  14. Desa Cigelam
  15. Desa Kaserangan
  16. DesaBeberan

Batas wilayah Kecamatan Ciruas yaitu sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Pontang dan Kasemen, sebelah timur Kecamatan Walantaka dan Kragilan , sebelah selatan Kecamatan Walantaka, dan sebelah Barat Kecamatan Walantaka. Dengan jumlah Penduduk 73.239 jiwa melihat dari karakteristik Kondisi Wilayah Kecamatan Ciruas sebagian besar Perdesaan ada pun jarak Kecamatan Ciruas ke Ibukota Kabupaten Serang dengan Jarak 9 KM, selain itu juga teredianya Fasilitas Umum dan Fasilitas Sosial berupa, Pasar , Bank, Pompa Bensin Kantor Pos Jaringan Listrik, jaringan Telpon dan sarana Peribatanan, dan melihat dari mata pencarian Masyrakat sebagian besar Petani 60 % , pedangang 20 %, buruh 17 % dan Pegwai Negeri 3 %.

Gambaran Umum Kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan di Kecamatan Ciruas

Kecamatan Ciruas merupakan salah satu Kecamatan sasaran penerima Program dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan mulai Tahun Anggaran 2009, dengan jumlah alokasi biaya yang dikucurkan sebesar Rp. 2.000.000.000,- ( Dua Milyard Rupiah) dan dana stimulan untuk Kecamatan Ciruas sebesar Rp. 110.345.000,- terdiri dari Rp. 84.800.000,- (DOK Prencanaan) dan Rp. 25.545.000,- (DOK Pelatihanh Masyrakat), dengan skema pendanaan terdiri dari Rp. 1.600.000.000,- (satu Milyard enam Ratus Juta Rupiah) dari Pemerintah Pusat yang bersumber dari APBN dan Rp. 400.000.000,- ( Empat Ratus Juta Rupiah) merupakan dana Cosh Sharing dari Pemerintah Daerah, yang bersumber dari APBD Kabupaten Serang.Melalui proses tahapan PNPM-MP dana tersebut akhirnya diputuskan dalam kegiatan Musyawarah Antar Desa (MAD) Pendanaan di Tingkat Kecamatan dan ditetapkan dengan Surat Penetapan Camat (SPC), teralokasi untuk kegiatan di 16 Desa-Desa .

Dari seluruh Rangkaian kegiatan mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan per akhir Dresember 2009, dari 16 Desa penerima Program semua Desa sudah menyelesaikan kegiatannya dan telah melaksanakan kegiatan Musyawarah Desa Serah Terima (MDST) sehingga untuk kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan Tahun Anggaran 2009 saat ini sudah masuk pada tahapan pelestarian hasil kegiata sarana prasarana oleh Tim Pengelola Pemeliharaan Kegiatan.

Berdasarkan Kesepakatan antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Kabupaten Serang, Tahun Anggaran 2010 Kecamatan Ciruas kembali menjadi salah satu lokasi Kecamatan Penerima Program dengan jumlah alokasi biaya sebesar Rp. 2.500.000.000,- (dua milyar lima ratus juta Rupiah),
Related Posts with Thumbnails
Advertisement

Sekretariat UPK Ciruas

Kantor Kecamatan Ciruas
Jalan Raya Jakarta - Serang Km. 09
Desa Citerep
Kabupaten Serang - Banten

Komunitas

  © UPK Ciruas Kabupaten Serang oleh Muhamad Thorik 2009

Kembali keATAS